Save Our Children

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Beberapa bulan terakhir, saya dikagetkan dengan rentetan berita kriminalitas yang bikin geleng kepala, membuat saya tidak habis pikir, “Kok bisa?”

Berita apa itu?

Berita bayi-bayi yang baru lahir kemudian dibuang di tempat-tempat yang tidak layak seperti tempat sampah, sungai, semak belukar, sawah, digantung di pohon, bahkan ada juga yang dibakar. Bercampur rasa sedih, marah, mengapa semudah itu menghabisi nyawa seorang manusia yang nyawanya adalah milik Allah?

Di waktu lain, saya juga dibuat geram dengan berita anak perempuan 8 tahun diperkosa kakak kandungnya yang berusia 15 tahun sampai hamil dan melahirkan.

Belum lagi kaum pelangi yang semakin dipuja-puja masyarakat karena keberaniannya come out. Perilaku menyimpang itu dianggap baik-baik saja, karena pelakunya berani jujur dan mengakui. Bahkan transgender di Indonesia ada yang sudah bisa mengganti KTP dan Paspornya dari berjenis kelamin laki-laki menjadi perempuan.

Dunia sudah gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa….

Zona 7 Bunda Sayang kali ini membahas tentang Pendidikan Seksualitas pada Anak. Daaaaaaaaaannn … semua materinya, belum lagi diskusi bersama tim yang berbagi pengalaman dan insight, bikin melogoooo. Sebegitu rusaknya lingkungan kita saat ini.

“Dulu kita baik-baik aja, tanpa pendidikan seks.”

Oh, tidak sesederhana itu, Rudolfo. Jaman dulu, kita tidak mudah terhubung dengan dunia. Informasi tidak mudah diakses seperti jaman sekarang. Saat ini, semua rumah terkoneksi dengan dunia. Bahkan dengan gadget kecil di tangan, kita bisa mengakses apapun yang kita mau. Mulai dari cara mengupas bawang sampai cara membuat robot, semua ada di dunia maya yang disebut internet.

Kalau dulu, orang ingin menjauhi zina dengan tetap berada di rumah. Tapi, jaman sekarang, di rumah pun zina mendatangi kita melalui layar berukuran 5 inci. Serem, nggak? Iya emang serem.

Inilah yang menyebabkan kita harus memberikan pendidikan seksualitas pada anak-anak, karena mereka mudah mengakses internet kapan saja di mana saja.

Terbagi atas 8 topik, pendidikan seksualitas di Zona 7 Bunda Sayang sangat sangat membantu untuk menjadi perbekalan kita untuk menyelamatkan anak-anak dan keluarga kita dari dosa, khususnya dosa terkait syahwat seksual.

8 topik yang dimaksud adalah:

  1. Pemahaman Perbedaan Gender
  2. Pendidikan Seks Sejak Dini
  3. Perang Orang Tua dalam Membangkitkan Fitrah Seksual
  4. Peran Ayah dalam Pengasuhan dan Pendidikan Seksualitas
  5. Pentingnya Aqil dan Baligh secara Bersamaan
  6. Pengaruh Media Digital Terhadap Pemahaman Seksualitas
  7. Menjaga Diri dari Kekerasan Seksual
  8. Penyimpangan Seksual

Saya begitu terkesan dengan materi di Zona 7 kali ini. Begitu terkesan, hingga pertama kalinya saya mengumpulkan tugas 15 hari tanpa rekap. Di sisi lain, saya suka karena materinya yang memang sangat padat, jadi keberadaan materi berupa PDF sangat membantu untuk mencapai pemahaman. Bisa dibaca berulang-ulang hingga bisa diterapkan ke keluarga dan lingkungan.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *