Dance Together

Setelah permainan seru di dua babak sebelumnya dalam Orientasi Kampung Komunitas Ibu Profesional, di babak ketiga, malah ditantang untuk bikin project beneran. Langsung dong, ON FIRE!!!

Buru-buru menggandeng sisters kesayangan, Reytia Anindita dan Bebby Jovanka untuk badai otak. Pengen bikin project apa nih, kita? Berhubung kami bertiga sama-sama warga Rumbel Menulis IP Jakarta, jadi kita kepikirannya yah program untuk RBM juga.

Persis seperti kata Uni Eci di Arena Gobak Sodor, “Lempar satu ide, lalu dikritisi habis-habisan, sampai ide itu menjadi bagus.”

Itulah yang terjadi. Bermodal ketik-ketik melalui WhatsApp, ide dasar yang disuntik masukan sana sini dari setiap dari kami bertiga. Ibaratnya batu kali, kita poles terus tuh ide sampai jadi berlian, sampai jadi satu proposal project utuh yang proper. Kita sendiri jadi enggak sabar ingin segera merealisasikannya.

Kalau kata Yunda Nesri, “Kita enggak bisa berkarya sendiri. Pasti butuh orang lain untuk bisa menghasilkan karya utuh.”

Memang benar. Contoh sederhana, project RBM. Ada penggagas, ada panitia, ada project manager, ada penulis, ada penanggung jawab setiap section buku, ada editor, ada graphic designer, ada yang cari penerbit, nego sampai jadi, ada juga yang hitung supaya mendapat profit untuk kas RBM. Enggak bisa jalan sendiri, sis! Kalaupun kita mampu ngerjain dari hulu ke hilir, tetap aja butuh bantuan kang ekspedisi buat kirim-kirim hasil karya ke customer, kan.

Jadi ingat project Buku Ramadhan pertama RBM back in 2018. Kita kerja jungkir balik, tergopoh-gopoh mencari percetakan, karena penerbit yang kerja sama dengan kita, tiba-tiba bail out. Sampe kebawa mimpi, loh! Tapi happy banget pas sudah jadi, rasanya kaya lahiran. Kontraksinya selesai, tinggal lihat bayi yang imut. Apalagi saat itu sampai sold out 2500 eksemplar dan demand masih jalan terus. REKOR!!!

Itulah serunya berkolaborasi. Masing-masing dari kita yang punya kelebihan masing-masing, berkumpul bersama-sama untuk menghasilkan karya yang hebat dan membahagiakan orang banyak. Kalau kita mau mengenakan sepatu kekuatan kita masing-masing untuk berkontribusi sesuai dengan bidang yang kita kuasai, maka kemampuan yang kita anggap ‘biasa aja’ itu bakalan kasih impact luar biasa.

Bergerak bersama, bisa membuat sebuah gerakan yang indah.

I’m so excited with this ‘mini project’ project. Jadi enggak sabar, mau segera eksekusi. Hihihihiii…..

LET’S DANCE TOGETHER

#AliranRasa3 #BabakMain3Orientasi #KampungMainKomunitas #KomunitasIbuProfesional

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *