10 Pilihan Menu Sahur dalam 15 Menit

Bulan Ramadhan biasanya membuat mommies perlu merubah kebiasaan memasak. Biasanya menyiapkan sarapan setelah Shalat Subuh atau setelah Syuruq, sekarang mungkin jam 3 dini hari sudah harus berjibaku di dapur demi menghidangkan sajian hangat di meja makan untuk seluruh keluarga.

Kebayang dong ya, bagaimana repotnya masak sahur kalau tidak pakai strategi.

Langkah pertama dan utama adalah membuat menu planning. Yaitu membuat list menu sahur apa saja yang akan disiapkan minimal untuk 5-7 hari ke depan. Contohnya:

  • Ahad Sop Kacang Merah dan Perkedel Kentang
  • Senin Soto Ayam
  • Selasa Tahu Telur
  • Rabu Ayam Goreng
  • Dan seterusnya

Langkah kedua, saya ingatkan mommies untuk melakukan food preparation. Artinya, colong start dari H-3 hingga H-1 untuk menyiapkan masakan agar nanti saat masuk waktu sahur, tinggal cemplung-cemplung atau bahkan tinggal panaskan saja.

Lakukan kedua langkah di atas, in syaa Allaah akan membantu mommies dalam mempersiapkan menu sahur tanpa mengganggu kekhusyukan ibadah Ramadhan.

Satu hal yang pasti, jangan sampai karena kelamaan mikir mau masak apa, sampai tiba-tiba sudah adzan Subuh dan melewatkan sahur. Karena dalam makan sahur itu terdapat keberkahan, sebagaimana disampaikan dalam hadist Rasulullaah Shalallaahu’Alayhi Wasallam,


Bukan sulap, bukan sihir. Memasak sahur dalam waktu 15 menit? Bisaaaaaaaaaaa…..

Nih, saya bagi rahasianya. Menu apa saja yang enak sekaligus efisien agar waktu sahur tidak bikin grabag grubug kebingungan dan kerepotan masak. Bonus resep ala saya.

  • Ayam Goreng
Photo credit: Royco

Cukup dengan bawang merah, bawang putih (yang banyak), jahe, lengkuas haluskan, tumis sampai harum bersama dengan daun jeruk dan daun salam. Lalu ungkep ayam yang sudah dipotong kecil kecil sampai meresap. Simpan dalam wadah untuk setiap porsi masak, agar sisa stok ayam tidak menurun kualitasnya saat defrost. Sisa air ungkepan ayam bisa juga dijadikan kremesan. Caranya tinggal tambahkan dengan tepung beras, lalu masukkan ke dalam botol air mineral yang sudah dilubangi tutupnya.

  • Ayam Bumbu Rujak
Photo credit: Fimela.com

Bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, kunyit, kemiri, haluskan dan tumis hingga harum bersama daun salam, serai, lengkuas, air asam jawa dan gula merah. Setelah itu masukkan ayam yang dipotong kecil-kecil agar bumbu meresap. Masak dengan api kecil. Setelah ayam lunak dan bumbu meresap, tambahkan santan cair, aduk kembali dan masak dengan api kecil sampai kuah menyusut dan keluar minyaknya. Nanti kalau mau dihidangkan, bisa defrost, lalu dipanggang dalam microwave atau pakai Happycall.

  • Tempe dan Tahu Bacem
Photo credit: Resep Cara Masakan (dot) com

Bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, dihaluskan. Tambahkan daun salam,  gula merah, dan air kelapa. Masak bersama tempe dan tahu dimasak dengan api kecil.

  • Nugget
Photo credit: merries.co.id

Ini menu andalan yang cukup awet kalau disimpan di freezer. Membuatnya juga mudah, cuma butuh kesabaran. Isinya hanya daging ayam cincang, keju, susu UHT plain, bawang bombay dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Campur jadi satu. Tambahkan wortel dan brokoli cincang lebih bagus lagi. Kemudian gulung, kukus, dan potong-potong sesuai selera. Bisa juga dicetak sebelum dikukus. Tapi kurang praktis menurut saya. Setelah dipotong-potong, mommies tinggal balurkan ke kocokan telur atau cairan tepung, kemudian gulingkan ke tepung roti yang merah kasar yang biasa dipakai untuk Tempura, supaya ada sensasi kriuk saat dimakan. Kalau mau langsung disantap, masukkan kulkas dulu sekitar 1 jam supaya tepung rotinya sudah menempel baik dan tidak lepas saat digoreng.

  • Perkedel Kentang
Photo credit: allaboutcuisines.com

Bisa dipersiapkan malam sebelumnya. Mudah sekali cara membuatnya. Cukup kupas dan potong-potong kentang, lalu goreng setengah matang. Haluskan menggunakan cobek dan ulekan atau potato smasher. Kemudian campur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, tambahkan garam, lada halus, daging cincang atau kornet, bawang merah goreng bila suka, seledri yang diiris tipis-tipis, dan kuning telur. Kemudian dibentuk bulat. Saat sahur tinggal digoreng dengan baluran putih telur yang dikocok lepas. Simpel, kan?

  • Ikan, Tempe dan Tahu Goreng
Photo credit: Sajian Sedap

Siapkan malam sebelumnya atau H-2 juga bisa. Haluskan bawang putih, kunyit, dan ketumbar, tambahkan garam dan air. Lalu masukkan ke dalam wadah sampai ikan, tahu, atau tempe yang sudah dipotong-potong dan disayat-sayat (agar bumbu mudah meresap) sampai terendam dengan bumbu. Ini kalau sudah nginep, wuiihhh… rasanya ueennaaaakkk banget pas digoreng.

  • Sayur Asem
Photo credit: Resep Koki

Kata orangtua jaman dulu, sayur asem semakin enak rasanya kalau sudah nginep. Nah, sayur asem ini bisa dibuat malam sebelumnya. Pas waktu sahur, tinggal dihangatkan kembali, deh. Bumbunya gampang ya, kalau sayur asem. Cukup bawang merah, cabai merah, sedikit terasi. Haluskan, lalu rebus bersama air asam jawa, lengkuas dan daun salam sampai matang. Setelah itu baru masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Super easy.

  • Sayur Bayam
Photo credit: Resep Koki

Petik sayur bayam di malam sebelumnya. Siapkan kuahnya sekalian kalau takut kesiangan. Hanya dengan bawang merah yang dirajang tipis-tipis dan kunci, lalu rebus sampai mendidih. Keesokannya saat sahur, tinggal dipanaskan kembali lalu matikan api dan masukkan sayur bayam yang sudah dipetik. Langsung siap disantap.

  • Pizza Telur
Photo credit: Tribun News

Tumis daging sapi cincang, sosis, dan bawang bombay, sisihkan. Lalu buat telur dadar di dalam pan. Setelah sudah setengah matang, masukkan tumisan daging dan sosis tadi secara merata ke seluruh permukaan telur, berikan potongan keju mozzarela dan cheddar, tutup pan, dan masak dengan api kecil. Dijamin anak-anak suka. Kenapa telur? Karena gizi dari telur lebih baik dibanding pizza dough. Ini menu andalan saya dalam ber-KETO. Biasanya saya tambahkan side dish berupa brokoli kukus.

  • Telur
Photo credit: Tribun News

Sudahlah kalau kesiangan, bikin saja telur ceplok, telur dadar, omelet, atau scramble egg. Tahu nggak, kalau telur rebus bikin perut kenyang dan berenergi sepanjang hari, loh! Mau coba? Eh, kapan-kapan saya share resep bikin soft boiled egg, ya… yang kaya di Masterchef gitu.

  • Kurma
Photo credit: Lagizi

Malas masak dan malas ribet? Ya sudah, ikut sunnah saja. Sahur dengan kurma. Jangan lupa, jumlahnya harus ganjil, ya.

Bagaimana? Menyiapkan menu sahur yang enak itu mudah, kan? Asal tahu triknya, pasti segalanya menjadi gampang dilakukan. Mommies senang, anak-anak kenyang, suami makin sayang.

Selamat mencoba!

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *