Bakso Rendah Karbo ala Dinadenz

Seumur hidup, kita sudah mendzalimi diri sendiri dengan memasukkan banyak racun dan sampah ke dalam tubuh. Yaitu yang paling jahat adalah karbohidrat dan gula. Jahatnya karbohidrat dan gula bisa dibaca di sini .

Nah, resep kali ini akibat keinginan cobain #BaksoBoedjangan yang nggak keturutan. Beberapa kali merengek ke suami pengen cobain, ga sempat terus, eh kitanya keburu “hijrah” ke gaya hidup sehat no carbs no sugar. Apalagi pas kemarin main ke Rawamangun, trus nggak mampir ke Bakwan Malang Cak Su, tuh rasanya gimanaaaaaa gituuu… Habis gimana, dong… Namanya bakwa atau bakso, kan isinya adonan tepung semua. Memang agak susah yaaaa move on dari yang namanya bakso, hehehee…

Berhubung sudah kepengen banget, jadilah hari ini eksekusi BAKSO RENDAH KARBO ALA DINADENZ. Kenapa rendah karbo? Soalnya nggak pake tepuuuunggggg….

Mau tahu bagaimana cara bikinnya?

Pagi-pagi sebelum masuk kelas, sudah niat banget pulangnya mampir supermarket belanja buat bahan bakso.

Reminder, buat teman-teman yang memang sudah niat belanja, baiknya bawa wadah sendiri ya dari rumah. Ini aja satu kotak isinya ditumplek 3 macam, yaitu iga sapi, sapi giling, dan ayam giling. Biar nggak banyak sampah.

Nah, bahannya gampang banget kok. Intinya, tepungnya diganti dengan agar-agar plain warna putih. Jangan salah beli kaya suami saya, ya… mau bikin bakso, dibeliin agar-agar warna hijau. Hahahahaaa….

Bahan & Cara Membuat Kuah:

  • 1/4 Kg Iga sapi/ceker ayam, masak dengan api kecil, buat bikin kaldu.
  • Tumis bawang putih yang telah dihaluskan sampai harum. Setelah kaldu sudah jadi, tuang hasil tumisan bawang putih.
  • Tambahkan daun bawang yang sudah dirajang sesuai selera.
  • Bubuhkan garam dan merica sesuai selera.
  • Terakhir, hancurkan kasar bawang putih goreng dan taburkan ke dalam panci kaldu. Ini rahasianya supaya gurihhhh…. Nyammm!
Begini nih cara bikinnya. Buat saya, ini resep paling enak sih… Kaldu iganya bisa diganti dengan kaldu ceker ayam, loh! Atau nggak bikin kaldu juga gapapa sih, soalnya kan nanti pas matengin baksonya juga airnya jadi kaldu. Cuma saya kurang sreg kalo nggak bikin kaldu terpisah.

Bahan & Cara Membuat Adonan Bakso:

  • 1/4 Kg Daging sapi giling
  • 1/4 Kg Daging ayam giling
  • Bawang putih dan bawang merah goreng, sesuai selera
  • 1 Bungkus agar-agar plain
  • 1 Butir telur ayam
  • Garam dan merica sesuai selera
  • Sejumput pala bubuk

Campur seluruh adonan bakso menjadi satu, kemudian dibentuk dan masukkan ke dalam panci kaldu. Apinya kecil aja, ya … Soalnya kalau apinya besar, nanti baksonya grindil-grindil, alias nggak mulus.

Pencet-pencet adonan bakso, cemplung cemplung ke dalam panci kaldu. Jangan lupa, telapak tangannya dikasih minyak goreng dulu, ya… supaya adonannya nggak lengket di tangan. Kalau sudah matang, nanti baksonya mengambang. Ini kejunya ada yang meleber, jadi kuahnya keruh, deh….
Jadi, deh…. Lalalalalaaa… Senangnya…
Oiya, saya suka bikin telur rebus untuk makan baksonya. Soalnya kalau bulet-uletin adonan bakso ke telur rebus, agak malas, yaaaa…. Heheheee…

Oiya, isian bakso bisa bermacam-macam, loh! Kali ini saya isi dengan Keju Mozarella. Intinya, mau diisi telur puyuh, sayuran, boleh saja. Kalau diisi cabai, takutnya nanti kuahnya jadi pedas dan anak-anak nggak bisa ikutan makan.

Selamat mencoba, yaaaaaaa … Bakso tanpa tepung, in syaa Allaah lebih sehat. Low carb, no sugar.

Spread the love

3 Comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *